Jumat, 16 Desember 2011

Fasilitas POP3, Email Filtering dan Email Forwarding

POP3 :
POP (Post Office Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk pengelolaan e-mail. Dengan adanya fasilitas ini akan mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa perlu koneksi yang lama dari Internet. POP3 (POP - Version 3) merupakan POP yang standar untuk Internet. Protokol ini akan mengijinkan client untuk mengakses e-mail yang ada di POP server secara dinamis dan juga mengijinkan untuk meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP Server melalui POP client.
POP3 memungkinkan Anda untuk men-download pesan email pada komputer lokal Anda dan membacanya bahkan ketika Anda sedang offline dan berfungsi untuk menarik atau mengambil email dari server email yang digunakan.


Untuk menggunakan POP3 bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan POP3 di perlukan settingan:
·         Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
·         Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
·         Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
·         Account Name : anda@domainanda.com
·         Password : password yang telah anda buat sebelumnya

Email Filtering :
Email Filtering adalah suatu fungsi untuk memisahkan atau memilah email-email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.
Langkah Langkah Filter Email di GMail
  • Login ke GMail
  • Klik link "Create a filter" yang ada di samping tombol "Search the Web" 
  • Pada dialog "Create a filter" masukkan nilai berikut :
    • Pada bagian "Has the words" masukkan nilai  list:"<jaringan-bisnis.yahoogroups.com>"
    • Kosongkan untuk yang lainnya
    • Klik tombol "Next Step >>"


  • Pada dialog selanjutnya masukkan nilai-nilai berikut :
    • Pilih opsi "Skip the Inbox"
    • Pilih opsi "Apply the label" dan pilih "New label..."
    • Masukkan nilai jaringan-bisnis untuk dialog New Label yang muncul. Klik tombol "OK".
    • Pilih opsi "Apply apply filter to ... conversations below" 
    • Klik tombol "Create Filter" 
    • Dalam beberapa saat filter dengan aturan / kondisi yang sudah kita tetapkan akan dibuat.
    • Klik link Inbox di menu samping
    • Perhatikan bahwa entri label jaringan_bisnis sudah terdapat di dalam panel Labels
    • Klik pada label jaringan_bisnis tersebut dan Anda akan melihat semua email dari milis jaringan-bisnis@yahoogroups.com sudah terdapat di label tersebut. 
    • Selesai
          Email Forwarding
 
Email forwarding adalah fasilitas untuk mengalihkan semua email dari satu alamat ke alamat yang lain.
Contoh penggunaan:
Anda memiliki satu email utama utama@domain .com lalu anda ingin memiliki email support@domain.com. Agar anda tidak harus login ke 2 account untuk memeriksa email anda, anda dapat mengalihkan email support@domain.com ke alamat email utama anda yaitu utama@domain.com.
Caranya:
  1. Login di cpanel server anda
  2. Klik tombol / link mail
  3. Klik link forwarders
  4. Klik link add forwarder
  5. Masukkan alamat email yang akan dialihkan ke dalam kotak sebelah kiri (contoh: support)
  6. Pilih nama domain di kotak tengah
  7. Masukkan alamat email tujuan ke dalam kotak sebelah kanan (contoh: utama@domain.com)
  8. Klik tombol add forwarder
Setelah melakukan step di atas, setiap email yang ditujukan ke support@domain.com akan anda terima di email utama anda utama@domain.com



E


1 komentar:

  1. blognya keren penuh dengan foto foto adminya..boleh kenalan gak buat adminya..hhheee

    BalasHapus